Menu Tradisional Gulai Daging Lengkitang Asli Minang

Menu Tradisional Gulai Daging Lengkitang Asli Minang
Menu Tradisional Gulai Daging Lengkitang Asli Minang

Menu Tradisional Gulai Daging Lengkitang Asli Minang, Hallo teman kali ini saya akan berbagi masakan yang cukup unik yaitu gulai daging lengkitang, lengkitang adalah sejenis kerang – kerangan yang hidup di air payau yaitu pertemuaan air laut dengan air tawar, namun kita juga bisa menemukan lengkitang di sugai – sugai yang airnya masih terjaga kebersihannya.

Untuk membuat gulai daging lengkitang memang sedikit merepotkan yaitu kita harus membersihkannya menggunakan 2 batok kelapa dengan cara mengocoknya hingga kotorannya berupa pasir dan tanah yang masih berada dalam cangkangnya bisa keluar tapi sebelumnya kita harus memotong bagian ujung ekornya atau bagian belakang tempurungnya dengan menggunakan golok/lading.

Fungsi sebenarnya memotong bagian belakang cangkangnya ialah untuk memudahkan kita nantinya menghisap daging yang berada didalamnya serta menjadikan bumbu juga dapat masuk dari bagian depan dan belakangnya sehingga lengkitang dapat matang dengan sempurna.

Masakan ini memang tergolong langka untuk saat ini apa lagi dikota -kota besar kita akan sulit menemukan masakan semacam ini namun kalau pergi kedaerah sumatra tepatnya di padang pariaman kita masih banyak menemukan oran menjajakan kerang ini,  baik yang masih mentah atau yang sudah matang biasanya dijajakan dipigiran jalan atau ditepi pantai pariaaman.

Gulai daging lengkitang memang paling enak dimakan dengan nasi putih yang hangat apa lagi makannya sambil duduk dibawah pohon yang rindang atau dipingiran pondok dekat pantai makan bersama pacar atau dengan keluarga besar paling seru dan tidak akan terlupakan.

Bumbu untuk gulai daging lengkitang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bumbu gulai kambing atau kalio bedanya mungkin kalau gulai kalio agak pekat sedikit sedangkan gulai daging lengkitang sedikit agak encer karena tidak terlalu banyak menggunakan santannya namun bumbunya lebih banyak membuat lengkitang dibandingkan membuat kalio atau gulai kambing.

OK MARI KITA MULAI MEMBUAT GULAI DAGING LENGKITANGNYA

Siapkan Lengkitangnya sebanyak 1 – 2 kilo saja lalu potong bagian cangkang belakangnya sedikit saja asalkan sudah bisa terlihat lubang bagian dalamnya lalu bersihkan dengan cara diguncangkan menggunakan dua batok kelapa atau bisa juga menggunakan dua buah mangkok kocok hingga kencang kemudian bilas dengan air lalu sisihkan.”

BUMBU – BUMBUNYA

  1. Bawang merah 7 – 10 siung ( iris tipis )
  2. Bawang putih 5 siung ( iris tipis )
  3. Jahe giling 2 sendok makan
  4. Kunyit giling 1 sendok makan
  5. Lengkuas satu ruas di memarkan
  6. Santan kelapa
  7. Cabe rawit ijo 20 – 30 biji ( tumbuk kasar )
  8. Daun jeruk 5 lembar
  9. Daun sereh 3 batang memarkan
  10. Daun kunyit 3 lembar
  11. Asam kandis 3 biji
  12. Garam halus
  13. Penyedap rasa

Rekan Kami : Baca Selanjutnya..

CARA MEMBUATNYA :

“ Masak santan dengan semua bumbu yang di atas kemudian masukan juga sekalian lengkitangnya lalu masak hingga mendidh dan berkurang airnya lalu angkat dan siap untuk dihidangkan selamat mencoba. Resep www.rmusahabaru.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *