Cara Mudah Membersihkan Babat Dan Mengolahnya

Cara Mudah Membersihkan Babat Dan Mengolahnya
Cara Mudah Membersihkan Babat Dan Mengolahnya

Cara Mudah Membersihkan Babat Dan Mengolahnya, kemarin kita sudah membuat masakan dari usus sapi kali ini kita akan membuat masakan dari babat / handuk serta menerangkan cara yang mudah saat membersihkannya.

Mengolah babat memang sedikit merepotkan namun bagi kamu yang sudah terbiasa mungkin tidaklah sesulit yang kita bayangkan, babat sebelum diolah haruslah kita membersihkan bagian kulit arinya biasanya kulit arinya berwarna hitam dan tebal mirip handuk namun itu tergantung bagiannya.

Bisa kita menemukan babat yang hanya kulit tipis saja namun tidak jarang kita akan menemukan babat dengan kulit ari yang tebal dan berbulu bagaikan bulu domba dan ini bagian yang sedikit agak sulit dibersihkan, namun ada sebagian orang yang tidak membersikan bagian kulit ari babat ini.

Itu biasanya mereka lakukan karena babatnya mereka hendak digoreng saja jadi menurut mereka bagian kulit ari ini enak dan apabila dibuang akan menguragi ketebalan babatnya, tapi kalau saya sendiri lebih suka dibuang bagian yang berkulit ari tebal ini karena merusak pemandangan menurut saya.

Membersihkan babat cukuplah kita menggunakan air panas, pertama masukan babat kedalam air yang sudah panas sebentar saja lalu kerok dengan menggunakan sendok besar bila sudah sulit dikerok lagi maka celupkan kembali babatnya kedalam air panasnya sebentar saja lalu kerok lagi lakukan terus menerus seperti itu sampai benar – benar bersih.

Setelah bersih rebus kembali babat hingga empuk dengan cara menusukkan sendok garpu kebabatnya apabila sudah mudah ditusuk berarti babat sudah empuk, lalu potong – potong sesuai ukuran yang diinginkan dan siap untuk diolah berikutnya bisa digoreng ataupun dibuat gulai babat atau rendang babat.

BERIKUT INI CARA MEMEBUATNYA

“ siapkan babat sebanyak ½  kilo saja lalu bersihkan seperti cara diatas dan kemudian sisihkan, mari kita siapkan bumbu untuk membuat gulai babatnya, bumbunya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gulai usus yang kemarin saya terangkan karena memang biasanya gulai babat ini disatukan dengan bersama gulai usus tapi disini saya ingin memodifikasi resepnya agar sedikit berbeda dengan gulai usus kemarin .”

BUMBU – BUBUNYA :

  1. Santan kelapa ½ kilo
  2. Cabe rawit ijo 30 – 40 biji ( tumbuk kasar )
  3. Bawang merah 10 siung ( iris tipis )
  4. Bawang putih 5 siung ( iris tipis )
  5. Kunyit giling 1 sendok makan
  6. Jahe giling 1 sendok makan
  7. Lengkuas 1 ruas memarkan
  8. Daun sereh 2 batang memarkan
  9. Daun salam 2 lembar
  10. Daun jeruk 4 lembar
  11. Asam belimbing wuluh 5 buah
  12. Garam kasar 1 sendok makan
  13. Penyedap rasa ½ sendok makan

Rekan Kami : Baca Selanjutnya..

CARA MEMEBUATNYA :

“ Tumis bawang merah, bawang putih, jahe giling, kunyit giling, lengkuas, daun sereh, daun salam, daun jeruk, cabe rawit, setelah harum masukan santan, asam belimbing, garam kasar dan penyedap rasa masak hingga mendidih setelah mendidih masukan babatnya dan masak hingga matang babatnya dan kuahnya sedikit mengering selamat mencoba. Resep www.rmusahabaru.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *